Airsantok — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI direncanakan akan melaunching tahapan dan maskot pilkada serentak di kota Pariaman tahun 2018, Sabtu (30/9) nanti di Panggung Utama Pantai Gondariah, Pariaman.
Dalam kegiatan itu, KPU Kota Pariaman juga akan menjelaskan filosofi “tambua” yang ditetapkan oleh KPU Kota Pariaman sebagai maskot pilkada serentak di Kota Pariaman 2018 mendatang. Selain tahapan dan maskot, KPU juga launching Jingle Pilwako Pariaman yang dibuat oleh seniman musik Ajo Buset.
Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria didampingi koordinator divisi teknis Arnaldi Putra, mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih melakukan koordinasi dengan sekretariat KPU RI untuk memastikan kesedian pimpinan KPU RI datang ke Kota Pariaman.
“Kita sudah koordinasikan, namun belum dapat kita pastikan, namun koordinasi terakhir bisa,” kata Boedi dalam rapat koordinasi persiapan kegiatan launching pilkada serentak di dikantor KPU Kota Pariaman, Selasa (12/9) pagi.
Selain KPU RI, KPU Kota Pariaman melalui koordinasi dengan Panwaslu Kota Pariaman, juga merencakan kegiatan lauching ikut dihadiri oleh pimpinan dan komisioner Bawaslu RI.
“Kita akan upayakan juga dengan koordinasi kita dengan Panwaslu Kota Pariaman. Dengan kedatangan KPU RI dan Bawaslu RI menegaskan bahwa KPU dan Panwaslu bersinergi menyelenggarakan dan mengawasi pilkada di Kota Pariaman,” sebutnya.
Launching tahapan pilkada serentak 2018 juga akan dimeriahkan gebyar musik menampilkan musisi kacak Ajo Buset yang akan mengocok perut warga Kota Pariaman dengan tingkat polah khasnya.
Pelaksanaan launching sendiri, kata Boedi, dipilih sehari sebelum digelarnya puncak pesta budaya Tabuik yang dilaksakanan pada hari Minggu (1/10) mendatang. Ramainya pengunjung dari Kota Pariaman, menjadikan sosialisasi tahapan pilkada terbesar luas kepada masyarakat Kota Pariaman.
“Ramainya masyarakat menyaksikan rangkaian kegiatan prosesi budaya tabuik diharapkan informasi tentang tahapan pilkada dan maskot pilkada tersebar secara luas,” pungkasnya. (Nanda)