Pariaman – Sebanyak 16 Partai Politik (Parpol) di Kota Pariaman tercatat sudah memiliki status terdaftar sebagai calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 pada hari terakhir (16/10) pendaftaran Parpol di KPU Kota Pariaman.

Boedi Satria, SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman mengatakan tahapan penerimaan berkas Parpol sudah dilaksanakan sejak tanggal 03 Oktober 2017 hingga hari ini.

Boedi juga menambahkan bahwa setelah ini KPU Kota Pariaman selaku penyelenggara Pemilu tahun 2019 akan melaksakan tahapan selanjutnya berupa penelitian administrasi bahan Parpol yang sudah diterima.

“Pada tahapan selanjutnya akan dilaksakan penelitian administrasi hingga pada tanggal 15 November 2017 dan hasil penelitian tersebut akan disampaikan pada tanggal 16-17 November 2017” tutur Boedi.

16 Parpol yang sudah melaksanakan penyerahan berkas pada waktu yang telah ditentukan adalah Partai Persatuan Indonesia (PERINDO), Partai Nasional Demokrat (NASDEM), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golongan Karya (GOLKAR), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (GARUDA), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Republik, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA).

Aisyah,SE selaku Komisioner KPU Kota Pariaman juga mengatakan terdapat 19 Parpol yang melaksakanan pendaftaran partai politik dan penyerahan syarat kelengkapan dokumen parpol pada KPU Kota Pariaman, namun terdapat tiga Parpol yang tidak dapat diterima pendaftarannya untuk Pemilu 2019 di Kota Pariaman.

 “3 Parpol tersebut tidak memenuhi syarat untuk menjadi peserta Pemilu tahun 2019. Adapun syarat yang belum terpenuhi oleh tiga Parpol tersebut yakni Parpol harus memiliki keanggotaan sekurang-kurangnya 1.000 atau 1/1.000 (satu perseribu) dari jumlah penduduk pada pengurusan parpol tingkat kabupaten/kota sebagaimana dimaksud dalam ketentuan pasal 173 ayat (2) huruf f Undang-undang Nomor 7 tahun Pemilihan Umum” Tutup Aisyah.

Minimal keanggotaan Parpol untuk mengikuti Pemilu 2019 di Kota Pariaman adalah sebanyak 88 otrang anggota dari data pemilih di KPU Kota Pariaman sebanyak 88.984. Tiga Parpol yang tidak dapat diterima pendaftaran tersebut adalah Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Idaman dan Partai Demokrat. (HD)