Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman hari ini (02/11) lakukan tahapan seleksi wawancara pada penerimaan calon Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pariaman tahun 2018 di Gedung KPU Kota Pariaman.

Hendri Jalal,S.Pd selaku sekretaris KPU Kota Pariaman menjelaskan, pada tahap akhir dari Penilaian PPK ini ada beberapa penilaian penting yang akan menjadi patokan KPU dalam menentukan PPK yaitu Forum Group Discussion (FGD) yang tengah berlangsung pagi ini, Wawancara dengan Komisioner KPU Kota Pariaman dan selanjutnya KPU akan melihat rekam jejak dari calon PPK serta menggambungkan dengan hasil nilai ujian tertulis.

Ia juga mengatakan partisipasi masyarakat yang menanggapi calon PPK akan kami terima hingga tanggal 3 November 2017 dan menjadi penilaian tersendiri bagi KPU.

“Hasil penilaian PPK ini akan diumumkan KPU melalui pengumuman di pusat informasi kecamatan se-Kota Pariaman, Kantor KPU Kota Pariaman dan Website KPU Kota Pariaman kota-pariaman.kpu.go.id pada hari sabtu tanggal 04 November 2017” ujar Hendri Jalal.

Tahapan Wawancara PPK akan dilaksanakan selama dua hari kedepan dari hari ini hingga besok tanggal 03 November 2017.

Aisyah,SE selaku Komisioner KPU Kota Pariaman mengatakan bahwa pada tahapan wawancara ini penilaian pada FGD akan berlangsung hingga siang nanti dan hari ini dilanjutkan dengan wawancara calon PPK Kecamatan Pariaman Selatan dan calon PPK Kecamatan Pariaman Timur oleh Komisioner KPU Kota Pariaman.

“FGD menjadi penilaian penting bagi kami, dalam FGD ini kami bentuk dalam tiga group besar di tiap ruangan yang berbeda dan dipandu oleh masing-masing Komisioner, selanjutnya calon PPK di tiga group ini kembali di pecah menjadi empat group kecil yang mendiskusikan masing-masing permasalahan yang ada dilapangan nantinya” ujar Aisyah.

Ia juga menambahkan penilaian FGD menjadi point penting mengingat melalui FGD kita dapat melihat logika berfikir, pengambilan keputusan, inisiatif, keterampilan komunikasi, kepercayaan diri dan melalui FGD kita mampu lebih melihat calon PPK secara natural saat menghadapi permasalahan nantinya.

Sementara tahapan wawancara dengan Komisioner KPU akan dibagi menjadi dua hari yaitu hari ini setelah FGD akan berlangsung Wawancara dengan calon peserta dari Kecamatan Pariaman Timur dan Pariaman Selatan. Pada tanggal 03 November 2017 akan dilanjutkan wawancara dengan komisioner oleh calon PPK dari Kecamatan Pariaman Utara dan Pariaman Tengah.

 

KPU Kota Pariaman