Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman selenggarakan Bimbingan Teknis Verifikasi Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu Tahun 2019 pada senin hingga selasa (20-21/11) yang bertempat di Premier Basko Hotel Padang.

Bimbingan teknis verifikasi Parpol peserta Pemilu ini juga dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat dengan peserta Bimbingan Teknis yaitu Ketua serta sekretaris Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2019 di Kota Pariaman.

Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman mengatakan terdapat 5 dari 14 Parpol calon peserta Pemilu Kota Pariaman tahun 2019 yang harus memperbaiki data, sementara selebihnya harus berkoordinasi dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai dalam membersihkan data pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang sesuai dengan data yang memenuhi syarat.

“Bagi Parpol yang sudah mencukupi minimal syarat anggota Parpol di Kota Pariaman yakni sebanyak 88 orang tidak perlu memperbaiki data lagi, namun disarankan Parpol tersebut berkoordinasi dengan DPP untuk membersihkan data sesuai dengan data pada Sipol” tegas Boedi.

Ia juga menambahkan tujuan pemberian bimbingan teknis ini terkait perbaikan administrasi keanggotan parpol calon peserta pemilu tahun 2019.

Boedi juga menambahkan sebelumnya KPU Kota Pariaman sudah melakukan penyerahan berita acara hasil penelitian administrasi keanggotaan Parpol calon peserta pemilu di Kota Pariaman pada tanggal 17 November 2017 yang lalu di Kantor KPU Kota Pariaman.

Dalam kegiatan Bimtek ini Komisioner KPU Kota Pariaman memberikan beberapa materi tentang tata cara Verifikasi hasil perbaikan administrasi keanggotaan Parpol, tata cara verifikasi faktual tentang keanggotaan parpol dan tata cara Verifikasi Faktual tentang kepengurusan, keberadaan kantor dan keterwakilan perempuan.

Selanjutnya KPU akan melakukan penerimaan berkas perbaikan dari parpol dari tanggal 18 November hingga tanggal 01 Desember 2018 yang akan datang.

 

KPU Kota Pariaman