Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman pasca putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia hingga rabu (22/11) terima tambahan berkas administrasi dari enam Partai Politik (Parpol) di Kantor KPU Kota Pariaman.

Menurut Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria,SE bahwa penambahan penerimaan berkas ini merujuk kepada Keputusan KPU Republik Indonesia terkait pasca putusan Bawaslu Republik Indonesia.

Ia juga mengatakan pasca putusan bawaslu tersebut terdapat enam partai politik tambahan yang melakukan pendaftaran yakni Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Republik dan pada hari terakhir pendaftaran terdapat dua parpol yaitu Partai Islam Damai dan Aman (Idaman) serta Partai Swara Rakyat Indonesia (Persindo).

“total keseluruhan pasca putusan Bawaslu terdapat enam parpol yang melakukan penyerahan administrasi, selanjutnya berkas yang diterima ini akan dilakukan penelitian oleh KPU Kota Pariaman hingga tanggal 30 November 2017” ujar Boedi.

 

Pasca putusan Bawaslu RI tercatat keseluruhan 20 Parpol sudah melakukan pendaftaran di KPU Kota Pariaman untuk calon peserta Pemilu tahun 2019.

Menurut Aisyah,SE selaku Komisioner KPU Kota Pariaman bahwa sesuai dengan keputusan KPU RI nomor : 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017 terdapat 9 partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 yang wajib mengajukan surat pendaftaran disertai dokumen persyaratan lengkap sebagaimana dimaksud dalam Pasal 176 undang-undang Nomor 7 tahun 2017.

Ia juga menambahkan dari 9 Parpol tersebut terdapat hanya 6 Parpol yang melakukan pendaftaran dan penyerahan dokumen persyaratan kepada KPU Kota Pariaman.

“tiga parpol yang tidak melakukan pendaftaran dan menyerahkan dokumen persyaratan tersebut yakni Partai Bhineka Indonesia (PBI), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) dan Partai Rakyat” tutur Aisyah.

 

KPU Kota Pariaman