Pariaman – Sebanyak 14 Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2019 hingga jumat (01/12) sudah melalui tahapan perbaikan berkas di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman.

Boedi Satria,SE selaku ketua KPU Kota Pariaman mengatakan sebanyak 14 Parpol calon peserta pemilu 2019 ini sudah melalui tahapan perbaikan berkas dan sudah menyerahkan berkas hasil perbaikan ke KPU Pariaman.

Ia juga menambahkan bahwa pada hari jumat ini terdapat 10 Parpol yang mendatangi KPU Pariaman untuk melakukan perbaikan berkas, sementara 3 Parpol yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah menyerahkan berkas pada hari sebelumnya.

“total hingga jumat 1 Desember 2017 KPU Pariaman menerima 13 Parpol yang sudah menyerahkan berkas dan mendatangi KPU untuk melakukan perbaikan berkas administrasi dan terdapat satu Parpol yakni Partai Gerindra sudah melakukan konfirmasi untuk tidak datang namun tidak melakukan perbaikan dikarenakan sudah memenuhi syarat minimum berkas Parpol calon peserta Pemilu Tahun 2019” tutur Boedi.

Dalam tahapan dan program penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 selanjutnya berkas Parpol calon peserta Pemilu ini akan kembali dilakukan kembali penelitian administrasi hasil perbaikan berkas oleh KPU Kota Pariaman hingga tanggal 11 Desember 2017.

Aisyah,SE.,M.AP selaku Divisi Hukum KPU Kota Pariaman juga menyatakan terkait perbaikan berkas Parpol calon perserta Pemilu tahun 2019 ini, KPU Kota Pariaman sudah melakukan Bimbingan Teknis kepada pimpinan Parpol se Kota Pariaman pada tanggal 20-21 November 2017 yang lalu.

Ia juga menambahkan bimbingan teknis tersebut dilakukan untuk dapat membantu dan memberikan pemahaman terhadap Parpol dalam perbaikan berkas administrasi yang harus di lalui Parpol calon peserta pemilu tahun 2019.

“selain itu KPU Kota Pariaman saat ini juga tengah menunggu hasil perbaikan berkas Parpol calon peserta Pemilu Tahun 2019 pasca putusan Bawaslu hingga tanggal 15 Desember 2017” ujar Aisyah.

Setelah putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), terdapat tambahan 6 Parpol yang melakukan pendaftaran ke KPU Kota Pariaman. KPU Kota Pariaman hingga saat ini telah menerima total 20 berkas Parpol calon peserta Pemilu Tahun 2019.

 

KPU Kota Pariaman