Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman selenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Perbaikan Hasil Verifikasi Administrasi dan Persiapan Verifikasi Faktual Partai Politik (Parpol) Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Pasca Putusan Bawaslu pada hari rabu (06/12) di Aula Joyo Makmur Pariaman.

Boedi Satria,SE selaku ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini digelar untuk dapat memberikan arahan lebih lanjut terkait perbaikan administrasi berkas Parpol calon peserta Pemilu tahun 2019 pasca putusan Bawaslu.

Ia juga menambahkan bahwa pasca Putusan Bawaslu terdapat 9 Parpol yang gugatannya diterima dan dapat menyerahkan kembali berkasnya kepada KPU dari tanggal 20 hingga 22 November 2017 yang lalu.

“di Pariaman sendiri hanya 6 dari 9 Parpol yang gugatannya diterima Bawaslu yang melakukan pendaftaran dan berkasnya yang sudah dilakukan Verifikasi oleh KPU, dan selanjutnya 6 Parpol ini juga harus melakukan perbaikan terkait hasil Verifikasi yang telah dilakukan” tutur Boedi.

 

KPU Kota Pariaman sudah melakukan Bimtek Verifikasi Parpol Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 pada tanggal 20-21 November 2017 di Premier Basko Hotel Padang kepada 14 Parpol yang sebelumnya telah menyerahkan berkas pada dari tanggal 3 hingga 16 Oktober 2017 lalu.

Menurut Aisyah,SE.,M.AP selaku Divisi Hukum KPU Kota Pariaman juga mengatakan bahwa Bimtek ini dilakukan guna membantu Parpol dalam menyelesaikan persyaratan untuk dapat mengikuti Pemilu tahun 2019 mendatang.

Ia juga menghimbau kepada seluruh Parpol yang mengalami keraguan dalam memperbaiki berkas administrasi hasil verifikasi tersebut untuk tidak ragu-ragu berkonsultasi dengan KPU Kota Pariaman.

“KPU akan selalu terbuka menerima parpol yang akan melakukan konsultasi terutama terkait perbaikan administrasi berkas Parpol yang harus kembali diserahkan pada tanggal 15 desember 2017” ujar Aisyah.

6 Parpol peserta kegiatan Bimtek yang diselanggarakan pada hari ini adalah, Partai Republik, Parsindo, PIKA, PKPI, PBB dan Partai Idaman.

 

 

KPU Kota Pariaman