Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman lakukan penyerahan berita acara hasil verifikasi perbaikan berkas Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2019 pada selasa (12/12) di Gedung KPU Kota Pariaman Desa Air Santok.

Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa setelah melakukan penyerahan berita acara hasil verifikasi perbaikan berkas administrasi kepada 14 Parpol calon peserta Pemilu tahun 2019 ini, sesuai dengan tahapan KPU Pariaman akan melakukan verifikasi faktual kepengurusan Parpol tingkat Kota Pariaman.

Ia juga menambahkan verifikasi faktual kepengurusan yang akan dilakukan setelah ini berupa melakukan faktual dari kepengurusan Parpol di tingkat kota, keberadaan kantor Parpol dan melakukan verifikasi faktual keterwakilan perempuan dalam kepengurusan Parpol.

“keterwakilan perempuan dalam kepengurusan Parpol ini minimal 30% yang sudah di atur oleh Peraturan KPU Republik Indonesia nomor 11 tahun 2017” tutur Boedi.

 

KPU Kota Pariaman sesuai dengan Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilu Tahun 2019 akan melaksanakan verifikasi faktual kepengurusan Parpol di tingkat Kota Pariaman hingga tanggal 4 Januari 2018.

Menurut Aisyah,SE.,M.AP selaku Anggota Divisi Hukum KPU Kota Pariaman bahwa KPU akan melakukan Virtual setelah mendapatkan data dari KPU Republik Indonesia nantinya.

“memiliki kepengurusan paling sedikit 75% (tujuh puluh lima persen) jumlah dari kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan sesuai dengan pasal 10 ayat 1 huruf c Peraturan KPU Republik Indonesia nomor 11 tahun 2017” jelas Aisyah.

Aisyah juga menambahkan KPU Kota Pariaman juga tengah melakukan penerimaan berkas hasil perbaikan yang dilakukan 6 Parpol pasca putusan Badan Pengawas Pemilu hingga tanggal 15 Desember 2017 ini.

 

KPU Kota Pariaman