Pariaman – Komisi Pemilahan Umum (KPU) Kota Pariaman selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat Kota Pariaman bersama Organisasi Wanita se Kota Pariaman pada rabu (20/12) di Aula Joyo Makmur Pariaman.

 

Boedi Satria,SE selaku ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa kondisi dilapangan saat ini adalah setengah dari pemilih di Kota Pariaman adalah perempuan.

Ia juga menyampaikan bahwa ketika organisasi wanita se Kota Pariaman ini memiliki komitmen yang kuat untuk menjadi mitra KPU dalam mensosialisasikan pemilu, maka di pastikan pada Pilkada tahun 2018 akan berjalan sukses.

“wanita memiliki peran besar dilingkungannya, secara tidak langsung organsasi wanita ini sudah menjadi ujung tombak KPU dalam mensukeskan Pilkada yang akan di gelar pada 27  Juni 2018 yang akan datang” tegas Boedi.

Boedi juga menambahkan bahwa nanti setelah penentuan calon Walikota Pariaman, KPU Kota Pariaman akan mengadakan kegiatan sosialisasi lanjutan yang akan melibatkan lebih banyak lagi tokoh dan penggerak organisasi wanita se Kota Pariaman.

Sebelumnya KPU Kota Pariaman telah menyelenggarakan sosialisasi Bimtek Penyelenggaraan Pilkada tingkat Kota Pariaman kepada Guru PPKN SLTA sederajat Se Kota Pariaman, Organisasi Kepemudaan, OSIS se Kota Pariaman.

Selanjutnya KPU Kota Pariaman akan terus melakukan Sosialisasi terhadap masyarakat penyandang disabilitas, Organisasi Masyarakat dan Media guna mensukseskan Pilkada serentak tahun 2018.

 

Aisyah,SE,M.AP selaku Divisi Hukum KPU Kota Pariaman juga menyampaikan bahwa kelompok wanita di Kota Pariaman merupakan element penting yang turut mensukseskan setiap Pemilu di Pariaman.

Ia juga menambahkan bahwa keterlibatan wanita dalam Pemilu di Kota Pariaman ini dibuktikan dengan penyelenggara yang bersifat Ad Hock yakni PPS di tingkat desa/lurah se Kota Pariaman di dominasi oleh perempuan.

“memberikan pemahaman dan politik terhadap kelompok perempuan di Pariaman menjadi pekerjaan rumah kita, dikarenakan politik berlangsung dalam kehidupan sehari-hari dan juga berlangsung dalam ruang privat wanita itu sendiritutur Aisyah selaku komisioner wanita di KPU Kota Pariaman.

 

Kegiatan bimtek ini akan terus diselenggarakan guna meningkatkan partisipasi pemilih di Kota Pariaman menuju Pilkada serentak tahun 2018.

 

KPU Kota Pariaman