Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman bersama verifikator lapangan yang di dampingi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman lakukan verifikasi faktual terhadap Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada rabu (20/12) dikantor DPC dan DPD partai masing-masing.

 

Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan sesuai dalam tahapan, program dan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 saat ini sudah memasuki tahapan verifikasi faktual Parpol calon peserta Pemilu tahun 2019.

Ia juga menyatakan saat ini KPU Pariaman tengah melakukan verifikasi faktual terhadap 2 partai baru yang dinyatakan lolos pada verifikasi berkas administrasi.

“terdapat 12 Parpol yang dinyatakan lolos pada verifikasi berkas administrasi oleh KPU RI waktu lalu, namun KPU hanya melakukan verifikasi faktual terhadap dua Parpol baru yakninya Perindo dan PSI” ujar Boedi.

 

12 partai yang dinyatakan lolos ke verifikasi faktual adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Aisyah,SE,M.AP selaku Divisi Hukum KPU Kota Pariaman mengatakan, verifikasi faktual yang dilakukan terhadap beberapa aspek seperti kepengurusan partai politik yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara partai pengurus di tingkat Kota Pariaman, keberadaan kantor partai politik dan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan partai politik serta verifikasi keanggotaan.

Ia juga menambahkan saat ini hingga tanggal 4 januari mendatang tengah berlangsung verifikasi keanggotaan partai calon peserta pemilu tahun 2019.

“verifikasi yang dilakukan saat ini sesuai dengan surat edaran KPU RI nomor 227, selanjutnya dari hasil verifikasi ini akan di umumkan pada tanggal 6 Januari 2017 dan jika terdapat perbaikan, Parpol akan diberi waktu hingga tanggal 20 Januari untuk melakukan perbaikan tersebut” tutur Aisyah.

 

Aisyah juga menambahkan saat ini verifikator yang melakukan verifikasi lapangan terhadap keanggotaan Partai Perindo dan PSI dengan dua metode verifikasi yang berbeda.

Verifikasi faktual keanggotaan Perindo dilakukan dengan metode sampel acak sederhana dikarenakan keanggotaan Partai Perindo tercatat lebih dari 100 pada Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), sementara PSI dilakukan dengan metode sensus yang dikarenakan keanggotaan PSI pada SIPOL tercatat di bawah 100 anggota.

KPU Kota Pariaman