Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman adakan Sosialisasi Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tingkat Kota Pariaman bersama Masyarakat berkebutuhan khusus pada kamis (21/12) di Aula Joyo Makmur.

Divisi Hukum KPU Kota Pariaman Aisyah,SE,M.AP menyatakan bahwa KPU Kota Pariaman melakukan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat berkebutuhan khusus di Kota Pariaman untuk menggunakan hak institusinya sebagai warga negara.

Ia juga menambahkan bahwa aksesibilitas bagi kaum disabilitas saat Pilkada Pariaman tahun 2018 merupakan hal yang sangat penting dalam mengakomodir hak institusinya tersebut.

“nantinya KPU Kota Pariaman juga akan memberikan kemudahan kepada masyarakat berkebutuhan khusus ini dalam menggunakan hak pilihnya seperti menyediakan surat suara braile dan menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah untuk disabilitas” ujar Aisyah.

 

Kegiatan sosialisasi ini dibantu oleh guru sekolah luar biasa Kota Pariaman yakni Yusra Wati S.Pd dan Maryulis,S.Pd sebagai moderator dan penyampai pesan kepada masyarakat berkebutuhan khusus.

 

Alfiandri Zaharmi selaku Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Pariaman juga menyampaikan bahwa masyarakat berkebutuhan khusus ini juga menjadi sasaran utama KPU dalam mensosialisasikan Pilkada guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada tahun 2018.

Ia juga menambahkan bahwa nantinya KPU Kota Pariaman akan kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi ini kepada lebih banyak masyarakat berkebutuhan khusus yang ada di Kota Pariaman,

“diharapkan nantinya masyarakat berkebutuhan khusus yang hadir hari ini akan menjadi mitra KPU dan juga menyampaikan kepada keluarga dan penyandang disabilitas untuk menggunakan hak pilih” tutur Andi.

Bimtek Penyelenggaraan Pilkada bersama masyarakat berkebutuhan khusus ini merupakan kegiatan lanjutan sosialisasi yang dilaksanakan waktu lalu kepada guru PPKN SLTA sederajat se Kota Pariaman, OSIS SLTA sederajat se Kota Pariaman, Organisasi Kepemudaan dan kepada Organisasi Wanita se Kota Pariaman.

Selanjutnya KPU Kota Pariaman akan melaksanakan kegiatan Bimtek ini kepada Organisasi Masyarakat dan Media guna mensukseskan Pilkada pada tanggal 27 Juni 2018.

 

KPU Kota Pariaman