Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman adakan Rapat Kerja Penataan Daerah Pemilihan Umum Tahun 2019 bersama 16 Partai Politik Se Kota Pariaman pada hari rabu hingga kamis (27-28/12) di Hotel Pangeran Padang.

Arnaldi Putra,ST.,M.Si selaku Divisi Teknis KPU Kota Pariaman mengatakan nantinya KPU selaku penyelenggara Pemilihan Umum akan mengusulkan hasil rapat kerja hari ini kepada KPU RI terkait usulan pembagian wilayah Dapil yang menjadi usulan peserta rapat kerja.

“ dalam kegiatan rapat kerja hari ini, peserta juga dibagi menjadi group untuk menyampaikan usulan terkait daerah pemilihan dan alokasi kursi pada pemilu tahun 2019 yang akan datang” tutur Arnaldi.

Ia juga menambahkan terdapat 2 usulan dari peserta, yaitu usulan untuk 2 wilayah dapil dan 4 wilayah dapil pada pemilu tahun 2019 di Kota Pariaman yang akan datang, selanjutnya usulan ini akan di sampaikan kepada KPU RI pada 12 hingga 18 Januari 2018 yang akan datang.

 

Rapat kerja ini juga dihadiri oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman, Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman, Camat Se Kota Pariaman, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman dan Perwakilan Pers.

 

Ketua KPU Kota Pariaman, Boedi Satria,SE juga menyampaikan bahwa hasil usulan yang disampaikan kepada KPU RI akan diumumkan pada tanggal 19 hingga 25 Januari 2018 dan akan di lakukan tahapan uji publik pada tanggal 26-28 januari 2018.

Boedi juga menambahkan dalam tahapan uji publik, KPU selaku penyelenggara akan menerima tanggapan dan sanggahan oleh Parpol dan masyarat terkait hasil keputusan wilayah dapil yang di putuskan oleh KPU RI tersebut.

“Pendataan dan keputusan untuk Dapil di pemilihan DPRD Kota Pariaman ini akan diumumkan pada tanggal 06 April 2018. sementara itu, untuk pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan DPR RI masih dengan komposisi dapil yang sama pada Pemilu tahun 2014” tutur Boedi.

Pada hari ini hadir 16 Parpol calon peserta Pemilu tahun 2019 di Kota Pariaman yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Kesatuan Indonesia (PKPI), Partai Garuda dan Partai Berkarya.

 

 

 

KPU Kota Pariaman