Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman lakukan persiapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan di gelar pada tanggal 27 Juni 2018.

 

Alfiandri Zaharmi selaku Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa pembentukan PPDP yang direncanakan pada tanggal 17 Januari 2018 ini sesuai dengan PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018.

 

Ia juga menyampaikan bahwa direncanakan nantinya Kota Pariaman selaku salah satu kota penyelenggara Pilkada serentak tahun 2018 akan membutuhkan 183 anggota PPDP.

 

“terkait PPDP ini, KPU Kota Pariaman akan menerima rekomendasi calon PPDP dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) selaku petugas Ad hock di tingkat desa/kelurahan” tutur Andi.

 

Selain melakukan persiapan PPDP menjelang Pilkada tahun 2018, KPU Kota Pariaman pada tanggal 8 hingga tanggal 10 Januari 2018 ini sudah memasuki tahapan penerimaan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pariaman.

 

Sementara itu, Hj, Winda Nopita, SE, M.Si, Ak selaku Kepala Subbagian  Program dan Data  juga menyampaikan bahwa mengingat pentingnya upaya peningkatan kualitas daftar pemilih yang salah satunya ditentukan oleh kualitas proses dan hasil dari Coklit (cocokan data teliti bekerja).

 

“gerakan coklit serentak nanti dimaksud adalah kegiatan coklit mendatangi rumah pemilih oleh seluruh PPDP yang telah dipilih dan dilakukan secara serentak pada waktu bersamaan yaitu pada hari Sabtu 20 Januari 2018 sesuai arahan dari KPU Republik Indonesia” jelas Winda.

 

Ia juga menambahkan bahwa nantinya selain PPDP, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS juga akan terlibat untuk mensukseskan kegiatan coklit.