Pariaman – Memasuki tahapan verifikasi faktual Partai Politik calon peserta Pemilu tahun 2019 pasca putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman lakukan verifikasi faktual terhadap Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Berkarya pada kamis (04/02) di kantor dewan pengurus partai masing-masing.

 

Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa, verifikasi faktual yang dilakukan ini meliputi verifikasi kepengurusan dari parpol, keberadaan kantor dan keterwakilan 30 persen perempuan di Parpol.

Ia juga menambahkan 2 Parpol yang dilakukan verifikasi hari ini adalah Partai Garuda dan Partai Berkarya yang merupakan hasil pasca putusan Bawaslu yang mana memberikan kesempatan kembali kepada kedua parpol ini untuk pemenuhan persyaratan administrasi sebelum dilakukan verifikasi faktual.

“selain melakukan verifikasi faktual kepengurusan, keberadaan kantor dan keterwakilan perempuan, KPU Kota Pariaman juga tengah melakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Garuda dan Partai Berkarya hingga tanggal 06 Januari” tutur Boedi.

 

Dalam verifikasi Faktual KPU Kota Pariaman bersama verifikator lapangan juga didampingi oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman.

 

Aisyah,SE,M.AP selaku Divisi Hukum KPU Kota Pariama juga menyampaikan bahwa dalam verifikasi keanggotaan terhadap Partai Garuda dan Partai Berkarya yang sedang dilakukan ini dilakukan dengan dua metode yang berbeda.

“untuk metode verifikasi faktual keanggotaan Partai Garuda, KPU Kota Pariaman melakukan faktual dengan metode sampel acak sederhana, sementara itu untuk partai berkarya KPU Kota Pariaman melakukan faktual dengan metode sensus” ujar Aisyah.

Ia juga menambahkan, dua metode berbeda ini dilakukan KPU Kota Pariaman sebagaimana yang sudah diatur oleh Peraturan KPU Republik Indonesia nomor 11 tahun 2017” ucap Aisyah.

 

Dalam pasal 36 ayat (1) Peraturan KPU RI nomor 11 Tahun 2017 menyebutkan bahwa sampel acak sederhana digunakan dalam penelitian partai politik yang keanggotannya melebihi 100 orang anggota.

 

 

KPU Kota Pariaman