Pariaman – Dihari pertama pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Pariaman dalam tahapan Pilkada tahun 2018, KPU Kota Pariaman sudah terima satu berkas dari bakal pasangan calon Genius Umar dan Mardison Mahyuddin pada hari senin (08/01) di Gedung KPU Kota Pariaman.

 

Boedi Satria,SE selaku ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa KPU Kota Pariaman hingga hari rabu 10 Januari 2018 masih menerima bapaslon yang akan melakukan pendaftaran.

Ia juga menambahkan hingga saat ini masih satu bapaslon yang melakukan pendaftaran kepada KPU terkait Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pariaman tahun 2018.

“hingga malam ini kita baru saja melesaikan verifikasi berkas bapaslon atas nama Genius Umar untuk calon Walikota Pariaman dan Mardison Mahyuddin untuk calon Wakil Walikota Pariaman” jelas Boedi.

 

Bapaslon Genius Umar dan Mardison Mahyuddin diusung oleh lima Partai Politik yakninya Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan total keseluruhan 11 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pariaman.

 

Terkait penerimaan berkas, Arnaldi Putra,ST, M.Si selaku Divisi Teknis KPU Kota Pariaman juga menyampaikan bahwa berkas bapaslon hari sudah dilakukan verifikasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Adi juga menuturkan bahwa ada beberapa berkas bapaslon yang masih belum lengkap dan harus diperbaiki, selanjutnya tim paslon dapat memperbaiki dan melengkapi berkas tersebut.

“beberapa berkas yang belum lengkap tersebut seperti kekurangan materai disetiap model B, selanjutnya terdapat kesalahan penulisan nama bapaslon pada model B” tutur Adi.

Selanjutnya Adi juga menyampaikan terkait kesalahan nama bapaslon pada model B, tim bapaslon melakukan perbaikan dengan cara mencoret penulisan nama yang salah dan menulis dengan yang benar, kemudian seluruh pimpinan partai pengusung merubah dan memberikan paraf di masing-masing dokumen model B.

Adi juga menambahkan bapaslon Genius Umar juga masih harus melengkapi berkas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKN) dalam masa perbaikan berkas bapaslon yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 20 Januari 2018.

 

Selain dihadiri oleh unsur pimpinan partai pengusung dan tim pendukung bapaslon, tahapan penerimaan pendaftaran bapaslon ini juga dihadiri oleh KPU Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman.

KPU Kota Pariaman akan menyelenggarakan tahapan pemeriksaaan kesehatan bapaslon pada tanggal 11-13 Januari 2018 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr.M.Jamil Padang sesuai arahan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Sumbar.

 

 

KPU Kota Pariaman