Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman selenggarakan Rapat Koordinasi dan Penyerahan TPS Nol ke Panitia Penyelenggara Kecamatan se Kota Pariaman dalam rangka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pariaman tahun 2018 pada hari selasa (09/01) di Rumah Pintar Pemilu KPU Pariaman.

 

Alfiandri Zaharmi selaku Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa, hari ini telah dilakukan Rakoor bersama PPK terkait TPS Nol guna persiapan untuk data pemilih.

Ia juga mengungkapkan, TPS Nol yang dimaksud adalah seperti pemilih yang baru pindah dan pemilih pemula atau pemilih yang baru terdaftar di data pemilih sementara yang akan dilakukan pemutakhiran.

“terkait pemutakhiran data pemilih TPS Nol, selanjutnya KPU Kota Pariaman bersama Petugas Pemutkahiran Data Pemilih (PPDP) akan mulai melakukan program Coklit serentak se Indonesia pada tanggal 20 Januari 2018” jelas Andi.

Andi juga menambahkan bahwa upaya peningkatan kualitas daftar pemilih yang salah satunya ditentukan oleh kualitas proses dan hasil dari Coklit.

 

KPU Kota Pariaman memiliki 171 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan tersebar diseluruh Kota Pariaman guna mensukseskan program Coklit.

 

Selain itu, hari ini Ketua KPU Kota Pariaman juga melangsungkan koordinasi dengan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II b Pariaman terkait persiapan PPDP untuk penghuni Lapas Pariaman.

Boedi Satria,SE juga menyampaikan bahwa nantinya KPU Kota Pariaman akan menunjuk petugas Lapas yang sekaligus menjadi PPDP di Lapas klas II b Pariaman.

Ia juga mengatakan, bahwa nantinya diperkirakan KPU akan membuka satu TPS di dalam Lapas Pariaman.

 

“setelah berkoordinasi dengan Kepala Lapas Pariaman Bapak Pudjiono Gunawan,SH, M.Si ada sekitar 200 orang masyarakat pariaman penghuni Lapas klas II b Pariaman, nantinya Petugas Lapas yang menjadi PPDP akan melakukan pendataan ulang terhadap masyarakat Pariaman penghuni Lapas dalam pemutkahiran data pemilih” jelas Boedi.

 

 

KPU Kota Pariaman