Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pencocokan Penelitian (Coklit) serentak data pemilih untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Pariaman tahun 2018 bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kota Pariaman pada senin (15/01) bertempat di Aula KPU Kota Pariaman.

 

Aisyah,SE,M.AP selaku Divisi Hukum KPU Kota Pariaman yang mewakili Ketua KPU Kota Pariaman dalam sambutannya menyampaikan bahwa, nantinya KPU Kota Pariaman bersama 31 Provinsi dan 381 Kabupaten/Kota se Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan Coklit Serentak pada tanggal 20 Januari 2018 dan kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 18 Februari 2018.

Aisyah juga mengatakan bahwa sebelum kegiatan Coklit serentak ini dilaksanakan KPU Kota Pariaman sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui media cetak, media elektronik dan media online, dan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran KPU RI Nomor 36 Tahun 2018 perihal Penyebarluasan Informasi Coklit Melalui Media Sosial KPU.

“KPU Kota Pariaman sudah memulai melakukan sosialisasi ini melalui media sosial yang dimiliki KPU seperti, Facebook, Instagram, Komik Si Tambua, Youtube dan Website KPU Kota Pariaman” jelas Aisyah.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk dapat memastikan dirinya terdaftar nantinya kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang datang ke rumah-rumah, PPDP yang telah ditunjuk KPU sebanyak 171 orang yang akan dilengkapi dengan tanda pengenal seperti Id Card, topi dan ban lengan.

 

Selanjutnya KPU Kota Pariaman juga akan melaksanakan Bimtek dengan PPDP pada tanggal 16 Januari 2018 di Aula Balai Kota Pariaman.

 

“gerakan coklit serentak yang dimaksud adalah kegiatan coklit mendatangi rumah pemilih oleh seluruh PPDP yang telah dipilih dan dilakukan secara serentak pada waktu bersamaan yaitu pada hari Sabtu 20 Januari 2018 sesuai arahan dari KPU Republik Indonesia” tutur Alfiandri Zaharmi selaku Divisi Perencanaan, Program dan Data KPU Kota Pariaman.

Andi juga menyatakan bahwa selanjutnya PPK bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) selaku petugas Ad hock juga akan terlibat secara langsung dalam pemutakhiran data dan ikut mensosialisasikan gerakan Coklit serentak ini.

Ia juga menambahkan PPDP yang telah dibentuk nantinya akan memberikan laporan ke KPU Kota Pariaman melalui PPS dan PPK.

 

 

 

KPU Kota Pariaman