Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman gelar bimbingan teknis terkait gerakan pencocokan penelitian (coklit) data pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pariaman (Pilwako) bagi Petugas Pemuthiran Data Pemilih (PPDP) pada hari selasa (16/01) di Aula Balaikota Pariaman.

 

Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa, nantinya seluruh PPDP ini akan ikut serta mensukseskan gerakan Coklit serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2018.

Boedi juga mengatakan selain mensukseskan gerakan coklit serentak, PPDP ini sekaligus menjadi agen sosialisasi KPU untuk menyebarkan informasi terkait Pilwako Pariaman kepada masyarakat.

“nantinya Petugas PPDP yang telah dibimtek hari ini akan turun secara serentak pada tanggal 20 Januari hingga 18 Februari 2018, selain itu PPDP yang secara langsung berhubungan dengan pemilih akan menjadi corong KPU dalam menyampaian informasi kepada masyarakat guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilwako” tutur Boedi.

 

Kegiatan Bimtek ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pagi hingga siang diikuti oleh 71 PPDP dari Kecamatan Pariaman Utara dan Pariaman Timur, sementara sesi siang hingga sore diikuti oleh 99 PPDP dari Kecamatan Pariaman Tengah dan Pariaman Selatan, dengan total 171 PPDP se Kota Pariaman telah di bimtek hari ini.

 

Alfiandri Zaharmi selaku Divisi Perencanaan, Program dan Data KPU Kota Pariaman juga menyampaikan bahwa pada hari ini, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kota Pariaman juga melaksanakan bimtek terkait Coklit serentak di empat kantor kecamatan se Kota Pariaman kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“nantinya seluruh penyelenggara Pilwako akan terlibat langsung dalam gerakan Coklit serentak se Indonesia seperti PPDP, PPS, PPK bahkan seluruh unsur di lembaga KPU” jelas Andi.

Andi juga menambahkan nantinya sebelum menyelenggarakan Coklit serentak pada tanggal 20 Januari 2018, seluruh petugas coklit ini akan mengikuti apel pagi di kantor kecamatan sesuai dengan wilayah coklit masing-masing.

 

 

KPU Kota Pariaman