Pariaman – Menuju Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman selenggarakan Rapat Kerja Penyusunan dan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi pada Pemilu Tahun 2019 bersama Kelompok Kerja pada hari selasa (23/01) di Aula Hotel Al Madinnah Pariaman.

 

Menurut Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari rapat kerja yang dilaksanakan bersama Partai Politik dan Dinas terkait pada tanggal 27 hingga 28 Desember 2017 yang lalu.

Ia juga menambahkan kegiatan hari ini dilaksanakan bersama kelompok kerja yang bertujuan untuk menerima usulan dari kelompok kerja yang nantinya akan terlibat langsung dalam kegiatan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi pada Pemilu tahun 2019.

“sebelumnya KPU Kota Pariaman sudah menerima usulan dari 16 Partai Politik dan dinas terkait tentang penyusunan dan penataan dapil serta alokasi kursi, pada rapat sebelumnya kita sudah menerima dua usulan untuk dapil di wilayah Kota Pariaman yakni empat dapil dan dua dapil, hari ini kita juga menerima masukan dari kelompok kerja yang nantinya hasil hari ini akan menjadi acuan usulan dapil dan alokasi Kursi di Kota Pariaman” jelas Boedi.

 

Dalam rapat kerja ini kelompok kerja memberikan 3 usulan untuk dapil pada pemilu tahun 2019, usulan pertama mengusulkan dua dapil untuk wilayah Kota Pariaman pada Pemilu 2019.

Selanjutnya usulan kedua yakni tetap menggunakan tiga dapil untuk wilayah Kota Pariaman dan usulan keempat yakni empat dapil untuk wilayah Kota Pariaman pada Pemilu 2019 mendatang.

 

Arnaldi Putra,ST, M.Si selaku Divisi Teknis KPU Kota Pariaman juga menyampaikan bahwa nantinya hasil rapat kerja hari ini akan diusulkan, setelah penerimaan usulan ini akan dilaksanakan uji publik terkait usulan tentang penataan Dapil.

“dari hasil rapat kerja yang dilaksanakan, KPU Kota Pariaman akan mengusulkan dan melaporkan ke KPU Provinsi Sumbar terkait dapil di Kota Pariaman dan nantinya KPU Provinsi akan menyampaikan usulan ke KPU RI terkait dapil di Wilayah Kota Pariaman”

Adi juga menambahkan dalam mengusulkan dapil ini, pengusulan harus sesuai dengan tujuh prinsip penataan dapil. Prinsip kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional,  proporsionalitas, integritas wilayah, berada dalam cakupan yang sama, kohesivitas dan prinsip kesinambungan.

 

Selanjutnya KPU Kota Pariaman akan melakukan penyampaian usulan penataan Dapil dan alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Pariaman pada tanggal 25 Januari 2018.

 

KPU Kota Pariaman.