Pariaman – Jelang 146 hari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pariaman, Polres Kota Pariaman gelar Simulasi Pengamanan Kota dalam rangka Pengamanan Pilkada serentak Tahun 2018 pada hari rabu (31/01) di Simpang Tabuik Kota Pariaman.

 

Ketua tim Pamatwil Mabes Polri yang ditunjuk ke Polda Sumatera Barat, Irjen Pol Basiruddin mengatakan, simulasi Sispam Kota yang dilakukan saat ini merupakan persiapan akhir pengamanan Pilkada serentak 2018. Hal ini dilakukan untuk melihat sejauhmana efektifitas dan evaluasi terhadap rencana pengamanan yang telah dan akan dilakukan.
Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada penyelenggara Pilkada yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) serta media untuk bersama-sama menjaga netralitas agar Pilkada berjalan dengan baik dan kondusif nantinya.

“Pilkada tahun 2018 berbeda dengan Pilkada serentak periode sebelumnya dengan eskalasi yang tinggi. Pelaksanaan Pilkada 2018 ini, diselenggarakan pada tahun tahun politik dengan beririsannya pelaksanaan pilkada dengan pileg 2019 dan pilpres 2019” ujar Irjen Pol Basiruddin

Ia mengingatkan agar personil dalam pengamanan pilkada serentak 2018, Polri setempat harus menerapkan Asta Siap yang meliputi Siap Pilun, Siap Posko, Siap Pra Ops, Siap Masyarakat, Siap Kamtibmas, Masyarakat, Siap Anggaran, dan Siap Sarpas.

Ia juga menambahkan Mabes Polri telah membentuk Pamatwil yang diturunkan ke seluruh Polda, Polres di seluruh wilayah Indonesia, untuk mengecek kesiapan mengamankan Pilkada serentak 2018. Hal tersebut menegaskan bahwa Polri serius mengamankan pilkada.

Pariaman akan melangsungkan Pilkada pada 27 Juni 2018 secara serentak dengan 171 Kabupaten/Kota se Indonesia.

Mukhlis Rahman selaku Walikota Pariaman juga menyampaikan bahwa selaku Kepala Daerah saat ini, ia siap untuk menghantarkan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pariaman berjalan dengan aman hingga terpilih pemimpin Kota Pariaman yang baru nantinya.

Mukhlis juga mengingkatkan ASN untuk menjaga netralitas pada pilkada 2018 yang telah disampaikan hingga ke tingkat desa dan kelurahan di kota Pariaman, meminta pihak pengawas pemilu untuk turut mengawasi netralitas ASN pada Pilkada mendatang.

Simulasi Sistim Pengamanan Kota Pariaman dalam rangka pengamanan pilkada serentak tahun 2018 juga dihadiri sejumlah pejabat dari Mabes Polri dan Polda Sumatera Barat.

Tampak hadir Wakapolda Sumatera Barat, Brigjend Dasminur AM, Dir Pol Udara Korps Baharkam Polri, Brigjend Pol Indra Mirza, Analisis Madya Bidang Penmas Divhumas Polri, Kombes Pol Rana Swadayana, Anjak Madya Korpol Airud Baharkam Polri, Kombes Pol Budi Hermawan, Anjak Madya Bidang Sespimen Sespim Lemdiklat Polri, Kombes Pol Syahar Diantono, KPU Kota Pariaman, Panwaslu Kota Pariaman dan kepala SOPD se Kota Pariaman.

 

 

KPU Kota Pariaman