Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman lakukan Verifikasi Faktual terhadap 15 Partai Politik calon Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 pada hari selasa dan rabu (30-31/01) bertempat di DPC Partai Politik se Kota Pariaman.

 

Aisyah,SE,M.AP selaku Divisi Hukum KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu bahwasnya Partai Politik lama tidak dilakukan verifikasi faktual, namun setelah itu terdapat beberapa partai politik yang mengajuan yudisial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

 

Selanjutnya, MK mengeluarkan  Keputusan Nomor 53/PUU-XV/2017 yang memerintahkan kepada KPU untuk melakukan verifikasi faktual terhadap 12 Partai Politik lama.

“ mengenai Keputusan MK tersebut, KPU Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan KPU Nomor 5  Tahun 2018 atas perubahan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, selanjutnya KPU RI juga mengeluarkan  Peraturan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)” jelas Aisyah.

Ia juga menyebutkan setelah itu KPU RI juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 99 Tahun 2018 yang menyatakan pada poin ketiga bahwa KPU juga melakukan verifikasi faktual hasil perbaikan terhadap empat partai politik yang baru. Namun untuk Kota Pariaman sendiri satu Partai baru yakni Perindo sudah memenuhi syarat dalam verifikasi faktual kepengurusan, keanggotaan, keterwakilan perempuan dan keberadaan kantor.

 

Aisyah juga menuturkan pasca putusan MK dan surat edaran KPU RI tersebut, maka total KPU Kota Pariaman melakukan Verifikasi Faktual terhadap 15 Partai Politik pada tanggal 30 hingga 31 Januari 2018.

 

15 Partai Politik yang dilakukan Verifikasi Faktual oleh KPU Kota Pariaman yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera(PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, Partai Garuda dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dalam Verifikasi Faktual ini KPU Kota Pariaman akan melakukan Verifikasi Keanggotaan Parpol, Keberadaan Kantor, Memperhatikan Keterwakilan Perempuan 30 Persen dari Kepengurusan Partai Politik.

 

Selanjutnya KPU Kota Pariaman akan menyampaikan hasil berita acara verifikasi faktual pada tanggal 2 Februari 2018 kepada Partai Politik calon peserta Pemilu 2019.

 

Sesuai dengan tahapan dan jadwal Pemilu Tahun 2019, Partai Politik yang belum dinyatakan memenuhi syarat akan melakukan perbaikan pada tanggal 3 Februari hingga 5 Februari 2018 dan akan dilakukan verifikasi faktual hasil perbaikan pada tanggal 6 Februari 2018.

Penetapan Partai Politik sebagai peserta Pemilu Tahun 2019 akan dilaksanakan oleh KPU RI pada tanggal 17 Februari 2018.

 

KPU Kota Pariaman