Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama KPU Kota Pariaman lakukan monitoring Coklit di Kota Pariaman tepatnya wilayah Coklit Kecamatan Pariaman Selatan pada jumat (02/02).

 

Dalam monitoring ini turut hadir Nurhaida Yetti selaku Divisi Hukum KPU Sumbar, Vikon selaku Divisi Logistik dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) KPU Sumbar serta Agustian selaku Kapala Sub Bagian Program dan Data KPU Sumbar.

 

Nurhaida Yetti selaku Divisi Hukum KPU Sumbar menyampaikan bahwa tujuan monitoring ini sekaligus memantau permasalahan dan kendala yang dihadapi PPDP selama melakukan pendataan pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Wakil Walikota Pariaman tahun 2018.

“sejauah ini dari pantauan kami dilapangan, PPDP sudah melakukan pendataan sesuai dengan arahan dan aturan yang berlaku” ujarnya.

Selain itu ia juga menambahkan PPDP yang memiliki kewajiban membuat laporan satu kali dalam sepuluh hari ini harus mampu menyesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat terkait pencocokan data atau Coklit.

 

Permasalahan yang sering ditemui PPDP dalam mencocokan data selama di lapangan yakni seperti pemilih yang tidak dapat ditemui diwaktu siang hari dan pindah domisili yang belum dilakukan pengurusan oleh masyarakat tersebut.

 

Alfiandri Zaharmi selaku Divisi Perencanaan, Program dan Data KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa KPU Kota Pariaman akan melakukan rapat terkait sejauahmana pencoklitan di lakukan di Kota Pariaman dan sekaligus melakukan evaluasi terkait Coklit di Kota Pariaman.

“bagaimana permasalahan di lapangan serta solusi yang akan diberikan terkait permalasahan dilapangan yang ditemui PPDP” tuturnya

Ia juga menambahkan dari laporan yang kami terima,  terdapat di beberapa wilayah desa/kelurahan di Kota Pariaman sudah ada yang menyelesaikan pencocokan data atau coklit dan hal ini akan kita lakukan evaluasi.

 

KPU Kota Pariaman akan menggelar rapat evaluasi mengenai kendala dan solusi dalam Coklit ini pada tanggal 06 februari 2018 yang akan mengundang, PPDP, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Camat se Kota Pariaman.

 

Nantinya dalam rapat evaluasi ini juga akan menghadirikan KPU Provinsi Sumatera Barat.

 

KPU Kota Pariaman