Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman Gelar Rapat Koordinasi dengan Stakeholders dalam rangka Uji Publik Penyusunan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Tahun 2019 Tingkat Kota Pariaman pada rabu (07/02) di Ruang Pertemuan Hotel Almadinnah Pariaman.

 

Dalam Rakoor hari ini hadir Perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol), Camat Se Kota Pariaman, Tokoh Masyarakat dan unsur pimpinan Partai Politik se Kota Pariaman.

 

Arnaldi Putra,ST,M.Si selaku Divisi Teknis KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa sebelumnya KPU Kota Pariaman sudah melaksanakan rapat kerja bersama Stakeholders terkait dalam penyusunan penataan Dapil dan alokasi kursi pada Pemilu 2019.

“rapat kerja penataan Dapil ini sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 10 November 2017 bersama 12 Parpol serta dinas terkait di Aula Joyo Makmur, rapat kerja selanjutnya dilaksanakan bersama 16 Parpol dan dinas terkait di Aula Hotel Pangeran pada tanggal 27-28 Desember 2018 dan terakhir KPU Kota Pariaman juga sudah menerima usulan dari Kelompok Kerja (Pokja) Dapil dan Alokasi Kursi terkait Dapil ini” jelas Adi.

Selanjutnya ia juga menyampaikan Rakoor ini digelar untuk mengkaji lebih dalam dan melakukan uji kelayakan publik terhadap usulan yang telah diterima sebelumnya.

 

Terkait usulan yang sudah diterima tersebut, KPU Kota Pariaman sudah melakukan publikasi mengenai Dapil dan Alokasi Kursi pada Pemilu 2019 untuk menerima tanggapan dari masyarakat Pariaman.

 

Sebelumnya KPU Kota Pariaman sudah menerima tiga usulan yang sudah dijadikan draf usulan yang akan diajukan kepada KPU Provinsi Sumatera Barat.

Draf pertama tetap menggunakan tiga Dapil yakni Kota Pariaman 1 untuk Kecamatan Pariaman Utara dengan 5 kursi, Kota Pariaman 2 yakni untuk Kecamatan Pariaman Utara dan Pariaman Timur dengan 8 Kursi dan Kota Pariaman 3 yakni untuk Kecamatan Pariaman Tengah dengan 7 Kursi di DPRD Kota Pariaman.

 

Sementara itu draf kedua yang diusulkan yakni empat Dapil yang dibagi setiap kecamatan menjadi Dapil. Untuk Dapil Kota Pariaman 1 yakni Kecamatan Pariaman Tengah dengan 7 kursi, Dapil Kota Pariaman 2 yakni Kecamatan Pariaman Utara dengan 5 kursi, Dapil Kota Pariaman 3 yakni Kecamatan Pariaman Selatan dengan 4 kursi dan Dapil Kota Pariaman 4 yakni Kecamatan Pariaman Timur dengan 4 kursi di DPRD Kota Pariaman.

Dan draf ketiga yang diusulkan untuk Dapil Kota Pariaman dengan Dapil Kota Pariaman 1 dengan gabungan Kecamatan Pariaman Tengah dan Kecamatan Pariaman Selatan dengan total 11 kursi dan Dapil Kota Pariaman 2 gabungan Kecamatan Pariaman Utara dan Kecamatan Pariaman Timur dengan total 9 kursi di DPRD Kota Pariaman.

 

Dari hasil uji publik usulan Dapil ini KPU Kota Pariaman akan menyampaikan 2 usulan ke KPU Provinsi Sumatera Barat yakni draf 1 dengan usulan 3 dapil dan draf 2 dengan usulan 4 Dapil di Kota Pariaman pada Pemilu Tahun 2019.

 

 

KPU Kota Pariaman