Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman gelar rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Pariaman Tahun 2018 pada selasa (13/02) di Gedung Saiyo Sakato Pariaman.

Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman menyatakan bahwa dengan selesainya rapat pleno terbuka ini pengundian dan pengumuman nomor urut paslon Walikota dan Wakil Walikota Pariaman pada hari ini, tahapan pencalonan sudah selesai dilaksanakan.

“sebelumnya KPU Kota Pariaman telah melaksanakan tahapan penerimaan pendaftaran bakal pasangan calon, penelitian administrasi, perbaikan dan rapat pleno penetapan paslon peserta Pilkada Pariaman 2018” tutur Boedi.

Boedi juga menyampaikan bahwa berdasarkan informasi dari Polres Pariaman pelaksanaan Pilkada Kota Pariaman tahun 2018 ini memiliki kerawanan tingkat 3 di Indonesia dalam pelaksanaan Pilkada serentak. Kerawanan ini terdapat pada penggunaan media sosial.

 

Pengambilan nomor urut pada Pilwako Pariaman ini dilakukan secara langsung oleh masing-masing paslon. Dalam pengambilan nomor urut, pasangan calon Mahyuddin dengan Muhammad Ridwan yang diusung koalisi dua parpol yakni, PKS dan Gerindra mendapatkan nomor urut 1.

Sedangkan pasangan calon Dewi Fitri Deswati dengan Pabrisal koalisi Partai Hanura dan Nasdem mendapatkan nomor urut 2. Terakhir, paslon Genius Umar dan Mardison Mahyuddin koalisi parpol PAN, PPP, Golkar, PBB dan PDIP mendapatkan nomor urut 3.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten I Setdako Pariaman Yaminurizal, Komisioner KPU Sumbar Fikon Dt. Sati, Anggota Bawaslu Sumbar Vifner, Wakil Ketua DPRD Syafinal Akbar, Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman Efrianto, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto.

Kemudian Kasdim 0308 Pariaman Mayor Inf Marjoni, Ketua Panwaslu Kota Pariaman Elmahmudi didampingi Sekretaris Panwaslu Kota Pariaman Riky Falentino, Camat se-Kota Pariaman dan para pimpinan parpol pengusung paslon.

 

Selanjutnya KPU Kota Pariaman akan menggelar launching kampanye damai pada tanggal 18 Februari 2018 bertempat di halaman Balaikota Pariaman.

 

 

KPU Kota Pariaman