Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman gelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada hari jumat (16/03) di Aula Hotel Almadinah Pariaman.

 

Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa rapat pleno terbuka DPHP dan penetapan DPS ini merupakan hasil dari kegiatan mencoklit yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari hingga 18 februari 2018 yang lalu.

Setelah itu KPU Kota Pariaman melakukan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran dan ditetapkan melalui rapat pleno terbuka dari tingkat desa atau kelurahan hingga ke tingkat kecamatan dan tingkat Kota yang diselenggarakan pada hari ini.

 

“dari data pemilih hasil pemutakhiran diawalnya menatapkan angka daftar pemilih sebesar 59.590, setelah dilakukan pembacaan laporan oleh PPK dan PPS serta temuan dan masukan dari tim pasangan calon dan Panwas sehingga hal ini merubah data pemilih yang harus kita tetapkan menjadi 59.667” ungkap Boedi Satria

Boedi juga menambahkan hal ini menurutnya adalah sebuah hasil yang bagus sekali yang mengartikan bahwa adanya sinergi antara KPU, Panwas dan tim pasangan calon sehinga KPU Kota Pariaman dapat menetapkan daftar pemilih sementara yang valid dan bisa diterima oleh seluruh pihak.

 

Dari hasil penetapan DPS ini untuk Kota Pariaman dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) 155 dan total DPS pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pariaman tahun 2018 di Kota Pariaman yakni 59.667.

Sementara itu untuk daftar pemilih potensial Non KTP-Elektronik sendiri di wilayah Kota Pariaman sebanyak 2.320 yang nantinya akan menjadi pedoman bagi Disdukcapil Kota Pariaman dalam perekaman E-KTP di wilayah Kota Pariaman.

 

Dalam rapat pleno terbuka ini turut hadir Anggota KPU Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Pariaman, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pariaman, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman, Panitia Pemilihan Kecamatan se Kota Pariaman dan tim dari pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pariaman.

 

 

KPU Kota Pariaman