Pariaman – Pagelaran seni dan budaya menyongsong satu tahun jelang Pemilihan Umum serentak 2019 yang di gelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari sabtu (21/04) di Panggung Utama Pantai Gandoriah berlangsung meriah.

Dalam pagelaran seni yang bertemakan Pagelaran Seni dan Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Guna Menyukseskan Pemilu Serentak 2019 ini menampilkan kesenian tradisional khas Pariaman seperti gandang tambua, silek, salawaik dulang, media tradisional randai serta dimeriahkan oleh artis minang Rayola.

Ketua KPU Kota Pariaman, Boedi Satria mengatakan pagelaran seni dilaksanakan secara serentak se Indonesia menyambut tahun pemilu serentak 2019 pada 17 April 2019 mendatang.

Boedi berkata, berbagai tahapan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden pun telah dilakukan oleh KPU. Tahapan awal, penerimaan dan verifikasi parpol calon peserta pemilu selesai dilaksanakan. 16 parpol akhirnya ditetapkan sebagai peserta pemilu 2019.

Saat ini, kata dia, tahapan yang berlangsung adalah penyusunan data pemilih pemilu serentak 2019. Penyusunan data pemilih dilakukan dengan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Berbeda dengan daerah lain, KPU Kota Pariaman tidak melakukan coklit, seperti yang dilakukan KPU lain.

“Kita sudah melakukan coklit dalam tahapan pilkada 2018. DPT pilkada yang telah kita tetapkan saat ini, akan dijadikan DPS pemilu serentak 2019,” ulas Boedi.

Ia mengajak pihak terkait mensukseskan rangkaian kegiatan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019 dengan mensosialisasikan secara luas tahapan pemilu serentak 2019.
Dalam pagelaran itu, KPU Kota Pariaman juga memperkenalkan “Sang Sura” yang menjadi maskot Pemilu Serentak 2019, motto dan jingle pemilu 2019 yakni “pemilih berdaulat negara kuat” dan jingle berjudul “pemilih berdaulat negara kuat”.

 

Pada pagelaran seni ini juga diperkenalkan partai politik peserta pemilu tahun 2019 yakni

Partai Nomor 1: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Nomor 2: Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
Nomor 3: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Nomor 4: Partai Golongan Karya (Golkar)
Nomor 5:  Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
Nomor 6: Partai Garuda
Nomor 7: Partai Berkarya
Nomor 8: Partai Keadilan Sejahtera
Nomor 9: Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
Nomor 10: Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
Nomor 11: Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Nomor 12: Partai Amanat Nasional (PAN)
Nomor 13: Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
Nomor 14: Partai Demokrat

Nomor 19 : Partai Bulan Bintang (PBB)

Nomor 20 : Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)

Pagelaran seni dan budaya dalam menyongsong Pemilu tahun 2019 ini digelar serentak se Indonesia. Untuk di Kota Pariaman sendiri Pagelaran seni dibuka langsung Yaminu Rizal selaku Asisten 1 Sekretaris Daerah Kota Pariaman.

KPU Kota Pariaman