Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman menetapkan jumlah Pemilih sebanyak 61.594 Pemilih di Kota Pariaman pada Rapat Pleno Terbuka Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP) Tingkat Kota Pariaman pada Pemilu 2019 yang diselenggarakan pada senin (12/11) di Aula Hotel Nantongga Pariaman.

 

Abrar Aziz selaku Ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa sebelumnya  berdasarkan Surat Edaran Ketua KPU RI pada tanggal 20 September 2018 perihal Penyempurnaan DPTHP-1 atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan masukan Partai Politik peserta Pemilu pada saat rapat pleno terbuka DPTHP 1 maka dilakukanlah Coklit Terbatas di Kota Pariaman dari tanggal 1 hingga 9 November 2018.

Ia juga menyampaikan bahwa pada rapat pleno DPTHP 2 yang dilaksanakan pada hari ini ditetapkan sebanyak 61.594 Pemilih yang ada di Kota Pariaman dengan rincian 30.260 Pemilih Laki-laki dan pemilih perempuan sebanyak 31.334  pemilih yang tersebar di 4 Kecamatan, 71 desa/lurah dan 264 TPS yang ada di Kota Pariaman.

“kami mengapresiasi kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bekerja ekstra dalam penyempurnaan data pemilih pada Pemilu 2019 ini” tutur Abrar.

 

Rapat pleno ini dihadiri oleh Bawaslu Kota Pariaman, Dandim 0308 Pariaman, Polres Pariaman, Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pariaman, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman, Lapas klas II B Pariaman dan Unsur Pimpinan Partai Politik se Kota Pariaman.

 

Abrar juga mengatakan bahwa KPU Kota Pariaman masih menerima tanggapan masyarakat terkait data pemilih atau masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih masih dapat mendaftarkan diri ke PPS di tingkat Desa, PPK di tingkat Kecamatan dan KPU di tingkat Kota Pariaman.

“pastinya KPU Kota Pariaman juga akan terus melakukan penyempurnaan data pemilih dan berharap semua warga Pariaman yang seharusnya memiliki hak pilih dapat menggunakan suaranya pada tanggal 17 April 2019 mendatang” tutup Abrar.

 

17 April 2019 nanti masyarakat Kota Pariaman akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih anggota DPRD Kota Pariaman, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Anggota DPR Republik Indonesia, Anggota DPD  dan memilih Presiden dan Wakil Presiden.

 

KPU Kota Pariaman