Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman lantik 2 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan Per Kecamatan Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 dan Pergantian Antar Waktu Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 pada hari ini Rabu (02/01) di Aula KPU Kota Pariaman.

Abrar Aziz Selaku Ketua KPU Kota Pariaman mengatakan hari ini KPU Kota Pariaman resmi menambah 2 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) per Kecamatan Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 disebutkan anggota PPK ditambah dua orang dari sebelumnya hanya tiga orang. Artinya saat ini PPK telah menjadi lima kembali, sama seperti Pemilu sebelumnya.

“8 Anggota PPK ini telah menjalani wawancara yang diselenggarakan oleh KPU Kota Pariaman yang telah dilaksanakan pada bulan November lalu” ujar Abrar.

ia juga mengatakan bahwa anggota PPK yang dilantik di harapkan  tetap menjaga amanah dan memiliki integritas dan harus bekerja sesuai dengan perundangan-undangan yang berlaku serta harus meningkatkan jiwa kepemimpinan untuk dapat mengayomi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan nantinya. Sebanyak 8 anggota PPK yang dilantik pada hari ini terdiri dari empat Kecamatan di Kota Pariaman. Pada Kecamatan Pariaman Selatan anggota PPK yang dilantik yaitu Doni Amblan dan Suarni. Dari Kecamatan Pariaman Tengah Randa Yulian Fatra dan Miftahul Jannah. Dari Kecamatan Pariaman Timur yaitu Eko Wahyudi dan Mustakim dan dari Kecamatan pariaman Utara yaitu Hanafi, S.Pd dan Syahrul Fadli.

Tidak hanya PPK saja ada juga beberapa PPS dari berbagai Desa/Kelurahan yang menjadi Pergantian Antar Waktu yang kami lantik tadi, Abrar juga meminta agar PPS yang menjadi panitia penyelenggara pemilu 2019 di tingkat desa itu, terus mempelajari aturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu 2019. Hal tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan PPS terkait aturan penyelenggaraan pemilu.

Doni Kardinal selaku Divisi Parmas dan SDM KPU Kota Pariaman juga menekankan bahwa pada anggota PPK dan PPS adalah ujung tombak KPU Kota Pariaman dalam mensukseskan Pemilu ditingkat Desa dan Kecamatan, jadi harus bekerja tulus dan ikhlas guna menciptakan Pemilu yang berkualitas dan Damai.”.

Acara pelantikan ini juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Pariaman dan Camat Sekota Pariaman.

Anggota PPK dan PPS pada pemilihan umum tahun 2019 ini akan bekerja hingga bulan Juni tahun 2019 yang akan datang.