Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman akan merekam keseluruhan proses tes wawancara dari 40 calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat 2020, sebagai upaya menjamin pelaksanaan seleksi berjalan dengan adil dan transparan.

“Untuk tes wawancara calon PPK itu tim pengujinya lima komisioner KPU Kota Pariaman. Kami akan memberikan nilai sesuai dengan jawaban yang semestinya dijawab peserta,” kata anggota KPU Kota Pariaman Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, PARMAS dan SDM, Abrar Aziz, di Pariaman, Senin (10/2).

Pelaksanaan tes wawancara calon PPK akan dilaksanakan pada 8 dan 10 Februari 2020 di Kantor KPU Kota Pariaman mulai pukul 08.00 Wib. “Yang berhak mengikuti tes wawancara sebanyak 40 peserta yang sebelumnya telah lulus dalam tes tertulis,” ucapnya.

Abrar mengemukakan, dari peserta yang sebelumnya mengikuti tes tertulis, untuk setiap kecamatan di Kota Pariaman yang pesertanya berhak maju ke tes wawancara sebanyak 10 orang.

“Hasil seleksi tertulis calon PPK sudah kami umumkan di website KPU Kota Pariaman, media sosial, dan papan pengumuman di Kantor KPU Kota Pariaman,” ujarnya.

Selain itu, juga ditempel di papan pengumuman Kantor Camat se-Kota Pariaman.

Terkait dengan materi tes wawancara, kata Abrar, meliputi materi pengetahuan umum, pengetahuan kepemiluan, teknis kepemiluan, wawasan kewilayahan, dan klarifikasi tanggapan masyarakat.

“Materi tes wawancara sudah ditetapkan dan sama untuk semua peserta. Nanti akan ada tambahan pertanyaan untuk peserta jika ada tanggapan masyarakat yang akan diklarifikasi oleh peserta,” ucapnya sembari mengharapkan agar PPK yang terbentuk benar-benar berintegritas, profesional, jujur dan mandiri.