Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman resmi lantik 20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 pada hari ini sabtu (29/02) di Aula RM Samba Lado Pariaman.

Aisyah SE. M.AP selaku Ketua KPU Kota Pariaman mengatakan hari ini KPU Kota Pariaman sudah resmi melantik 20 orang yang akan mengembangkan amanah sebagai anggota PPK pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

“20 Anggota PPK yang dilantik hari adalah mereka yang sudah melewati proses dari tahapan penerimaan PPK yang diselenggarakan KPU seperti, tahapan seleksi administrasi, tahapan ujian tertulis dan tahapan seleksi wawancara yang sudah dilaksanakan sejak Januari yang lalu” ujar Aisyah.

ia juga mengatakan bahwa anggota PPK yang dilantik di harapkan tetap menjaga amanah dan memiliki integritas dan harus bekerja sesuai dengan perundangan-undangan yang berlaku serta harus meningkatkan jiwa kepemimpinan untuk dapat mengayomi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan nantinya.

Sebanyak 20 anggota PPK yang dilantik pada hari ini terdiri dari empat Kecamatan di Kota Pariaman. Pada Kecamatan Pariaman Selatan anggota PPK yang dilantik yaitu Arif Rahman Hakim, Doni Ambalan, Leni Oktavia, Roni Efendi dan Sepriadi. Dari Kecamatan Pariaman Tengah anggota PPK yang dilantik yaitu Afriwaty Zen, Idrian, Randa Yulian Fatra, Ridho Hardinata, dan Yudhistira Ramadhan. Sementara dari Kecamatan Pariaman Timur anggota PPK yang dilantik yaitu Anipah Darwina, Eriza Putra, , Ratna Nofita, Riko Trayanto, dan Suryani. Selanjutnya dari Kecamatan Pariaman Utara telah dilantik Budi Setia Darma, Budiono, Fevy Imelda, Hanafi dan Rusdi sebagai anggota PPK pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

Setelah pengucapan sumpah/janji, selanjutnya perwakilan anggota PPK membacakan pakta integritas yang akan ditandatangani oleh seluruh anggota PPK se-Kota Pariaman. Prosesi pelantikan sendiri diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Sumpah/Janji serta Pakta Integritas.

Doni Kardinal juga mengingatkan bahwa tugas sebagai Penyelenggara Pemilihan cukuplah berat. Tidak hanya dituntut bersikap professional dalam bekerja dimana harus benar-benar memahami persoalan-persoalan teknis penyelenggaraan Pemilihan. Tetapi yang tidak kalah pentingnya lagi adalah juga dituntut untuk senantiasa menjaga sikap dan perilaku kita selama menjadi bagian dari Penyelenggara Pemilihan.

“Tentunya kita semua berharap bahwa proses Pemlihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020 di Kota Pariaman dapat berlangsung aman dan lancar serta terselenggaranya Pemilihan secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Keberhasilan penyelenggaraan Pemilihan Serentak ini pastinya bergantung pada kualitas penyelenggaranya,”

Selanjutnya ia juga menekankan pada anggota PPK yang dilantik hari ini agar bekerja dengan niat tulus dan ikhlas guna membangun Kota Pariaman yang lebih baik lagi serta menciptakan Pilkada yang sukses dan Berprestasi, ” ujar Doni.

Anggota PPK pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 ini akan bekerja hingga bulan November tahun 2020 yang akan datang.