Pariaman – Tiga pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pariaman Tahun 2018 Deklarasikan Kampanye Damai di Halaman Balaikota Pariaman pada minggu (18/01) yang dilaksanakan secara serentak se Indonesia oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara Pemilu.

 

Deklarasi kampanye damai ini langsung dilaksanakan oleh pasangan calon yakni Mahyuddin dengan Muhammad Ridwan selaku pasangan nomor urut 1, pasangan nomor urut 2 Dewi Fitri Deswati dengan Pabrisal dan pasangan nomor urut 3 Genius Umar dengan Mardison Mahyuddin.

 

Dalam deklarasi kampanye damai tersebut pasangan calon berkomitmen untuk menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan siap melaksanakan kampanye damai, demokrasi dan mengedukasi dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih.

Selain itu, paslon juga berkomitmen akan melaksanakan kampanye pemilihan 2018 tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang serta tunduk dan patuh terhadap peraturan-perundangan yang berlaku.

 

Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria mengatakan, deklarasi kampanye damai dilaksanakan secara serentak di 171 daerah yang melaksanakan pilkada serentak 2018. Secara nasional, deklarasi kampanye damai dipusatkan di kota Makasar.

ia juga menyampaikan bahwa tahapan kampanye ini secara jadwal telah dimulai sejak tanggal 15 Februari 2018 yang lalu.

”deklarasi ini dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan komitmen pasangan calon, tim pemenangan, parpol pengusung, penyelenggara dan pengawas pemilu dalam menyelenggarakan tahapan kampanye secara damai” tutur Boedi

Dilanjutkannya, pada tahapan kampanye ini, KPU Kota Pariaman memfasilitasi paslon untuk kampanye. Beberapa hal, yakni pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), penyebaran Bahan Kampanye (BK). Sedangkan debat kampanye terbuka, KPU Kota Pariaman akan menfasilitasi sebanyak dua kali pada saat menjelang bulan Ramadhan dan setelah hari raya Idul Fitri.

Usai mengikrarkan janji, paslon dan tim kampanye melakukan penandatangan deklarasi kampanye damai serta diarak keliling kota Pariaman. Dimulai dari halaman Balaikota Pariaman dan berakhir di Balaikota Pariaman dengan rute Star Balai Kota Pariaman – Simp. Lapai – Simp. Jagung – Simp. Punggung Lading – Simp. Empat Smk 1 – Simp. 3 Jati – Bato – Talago Sariak – By Pass – Simp. Apar – Simp. Tabuik – Simp. Galombang – Finish Balai Kota Pariaman.

 

Selain itu dalam deklarasi kampanye damai ini juga dilakukan penyerahan PAM melekat pada pasangan calon oleh Akbp Bagus Suropratomo Oktobrianto,S.IK selaku Kapolres Pariaman.

 

KPU Kota Pariaman