Pariaman – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman kawal pembersihan alat peraga kampanye (APK) yang dilaksanakan pada senin (19/02) di seluruh wilayah Kota Pariaman.

Penertiban ini dilakukan bersama tim dari Polres Pariaman, Satuan Polisi Pamong Praja, Kodim 0308 Pariaman, Dinas Perhubungan dan tim dari pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pariaman.

 

Elmahmudi,MA selaku Ketua Panwaslu Kota Pariaman menyampaikan sebelum tanggal 15 februari 2018 tim pasangan calon sudah memiliki kesadaran sendiri untuk membersihkan APK.

“untuk APK masing-masing paslon akan disiapkan dan dibuat oleh KPU Kota Pariaman. Lokasi pemasangannya merujuk pada aturan yang ada,” tutur nya

 

Dalam pembersihan APK paslon Walikota dan Wakil Walikota ini Panwaslu membagi 7 tim untuk melakukan penertiban APK tersebut.

Tim 1 bertugas untuk menurunkan dan menertibkan alat peraga kampanye yang besar seperti baliho yang berukuran besar. Sedangkan tim penertiban 2 sampai 6 melakukan penertiban APK dalam bentuk baliho ukuran kecil, spanduk, umbul-umbul, stiker dan poster yang dipajang diluar ruangan.

Sementara tim 7 akan bertugas melakukan penertiban stiker yang dipajang di kendaraan roda empat milik pribadi dan kendaraan umum.

 

Elamahmudi juga menjelaskan bahwa dalam penertiban APK ini terdapat 3 jenis APK yang ditertibkan, jenis pertama APK yang ditertibkan yakni APK yang dipasang oleh pasangan calon sebelum tahapan kampanye dimulai dan masih terpasang sampai hingga waktu penertiban ini.

Selanjutnya jenis  APK dalam bentuk atau untuk sosialisasi program dan kegiatan pemerintah yang memuat tanda gambar salah satu calon dari tiga pasangan calon yang ditetapkan oleh KPU. Jenis ketiga yakni APK yang dibuat oleh bakal pasangan calon yang dipasang sebelum pendaftaran pasangan calon dan bakal pasangan calon yang tidak melakukan pendaftaran ke KPU.

“untuk jenis ketiga dari APK yang ditertibkan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat siapa calon Walikota dan Wakil Walikota Pariaman tahun 2018 yang sudah ditetapkan oleh KPU” jelasnya.

 

Secara terpisah Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman juga menyampaikan bahwa sebelumnya KPU Kota Pariaman sudah menghimbau pasangan calon untuk melakukan pembersihan APK menjelang tanggal 15 februari 2018.

Ia juga menuturkan penertiban ini merupakan tindak lanjut dari Panwaslu Kota Pariaman terhadap APK yang masih terpajang yang tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang kampanye.

 

KPU Kota Pariaman