Pariaman – Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pariaman antusias dalam menggunakan hak suaranya pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pariaman pada rabu (27/06) pagi di TPS 04 (TPS Khusus) Kelurahan Karan Aur.

 

Boedi Satria,SE selaku Ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa dari pemantauan sebanyak 58 Narapidana di Lapas kelas II B Pariaman sudah menggunakan hak suaranya di TPS tersebut.

Boedi juga menyampaikan bahwa antusias yang dimiliki napi dalam menggunakan hak suara ini juga didukung oleh Kepala Lapas yang terus menghimbau kepada Napi untuk dapat menggunakan hak suara dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 ini.

“Peranan Kalapas beserta jajaran dalam sosialisasi dan menghimbau para Narapidana dalam menggunakan hak suara yang membuat Napi di Lapas II B menjadi antusias dalam menggunakan hak suaranya, KPU Kota Pariaman mengucapakan terimakasih banyak kepada Kalapas beserta jajaran dalam mensukseskan Pilkada Kota Pariaman tahun 2018” jelas Boedi.

 

TPS 04 Kelurahan Karan Aur merupakan TPS Khusus yang dibuat oleh KPU Kota Pariaman di dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B khusus bagi Narapidana dalam menyalurkan hak nya dalam Pilkada Kota Pariaman Tahun 2018.

 

Pudji Gunawan selaku Kalapas Kelas II B Pariaman menyampaikan bahwa berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) total ada 62 narapidana yang memiliki hak pilih di Lapas Kelas II B Pariaman.
Ia juga menambahkan bahwa sebelum pemilihan terdapat empat narapidana yang bebas sehingga tidak melakukan pemilihan di Lapas Klas II B Pariaman dan khusus pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 tersebut hanya narapidana yang memberikan hak pilihnya.
“TPS 4 hanya narapidana yang memilih, sedangkan personel Lapas mencoblos di TPS lain,” katanya.
Pudji juga menuturkan bahwa penyelenggaraan pemungutan suara di Lapas Kelas II B berjalan dengan aman, baik dan lancar.

KPU Kota Pariaman