Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman sudah terima berkas pendaftaran calon legislatif dari 16 Partai Politik  hingga pukul 24.00 WIB pada selasa (17/07) di Kantor KPU Kota Pariaman.

 

Pada hari senin sebelumnya Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sudah melakukan pendaftaran ke KPU Kota Pariaman, sementara 15 Partai Politik lainnya melakukan pendaftaran pada hari selasa yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Berkarya dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

 

Boedi Satria,SE selaku ketua KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa KPU Kota sudah menerima berkas pendaftaran calon legislatif dari 16 Partai Politik.

Ia juga menyatakan bahwa berkas yang sudah diterima ini akan langsung dilakukan verifikasi administrasi hingga rabu tanggal 18 Juli 2018.

“berkas yang sudah diterima ini akan langsung dilakukan verifikasi administrasi, hasil verifikasi ini akan disampaikan kepada Partai Politik pada tanggal 21 Juli 2018 dan Partai Politik akan melakukan perbaikan dari tanggal 22 hingga 31 Juli 2018” tutur Boedi.

 

Sesuai dengan program, tahapan dan jadwal Pemilihan Umum 2019, KPU Kota Pariaman akan mengumumkan hasil verifikasi berkas dari tanggal 19 hingga 21 Juli 2018.

 

Sementara itu Arnaldi Putra,ST,M.Si selaku Divisi Teknis KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa seluruh Partai Politik yang ada di Kota Pariaman sudah melakukan pendaftaran calon legislatif nya ke KPU Kota Pariaman.

Ia juga menambahkan bahwa untuk syarat pencalonan dari Partai Politik sejauh ini sudah dapat diterima, namun terkait syarat calon masih ada beberapa yang harus diperbaiki pada masa perbaikan.

“dari masa pendaftaran dimulai pada tanggal 4 Juli 2018, KPU Kota Pariaman selalu mengingatkan Partai Politik untuk melakukan pendaftaran dan agar berkonsultasi dengan KPU terkait kendala dalam proses pendaftaran” jelas Adi.

Adi juga menjelaskan sejauh ini berkas yang diterima dari partai politik untuk kuota daerah pemilihan, masih ada beberapa partai politik yang tidak memenuhkan kuota dibeberapa daerah pemilihan.

Pada pendaftaran calon legislatif tahun 2019 ini, KPU Kota Pariaman selaku penyelenggara Pemilu menggunakan Sistem Informasi Pencalonan atau Silon yang berbasiskan online.

 

 

KPU Kota Pariaman