Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman selenggarakan Bimbingan Teknis Pelaporan Dana Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 pada senin (17/09) di Aula Hotel Almadinnah Pariaman yang diikuti oleh 16 Partai Politik peserta Pemilu 2019 di Kota Pariaman.

 

Aisyah, SE, M.AP selaku Divisi Hukum KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 24 tahun 2018 yang diubah menjadi PKPU Nomor 29 tahun 2018 tentang dana kampanye Pemilu 2019 dimana disampaikan bahwa Parpol harus menyampaikan LADK (Laporan Awal Dana Kampanye) Partai Politik ke KPU paling lambat pada tanggal 23 September 2018 pada pukul 18.00 Wib.

 

Ia juga menyampaikan bahwa apabila Parpol terlambat dalam menyampaikan LADK Pemilu 2019 akan dikenakan sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu di daerah tersebut oleh KPU Republik Indonesia berdasarkan berita acara yang dibuat oleh KPU setempat yang dilaporkan ke KPU RI.

 

“sebelum partai politik menyampaikan LADK tersebut, KPU Kota Pariaman melaksanakan bimtek terkait pelaporan dana kampanye untuk membantu partai politik dalam menyiapkan laporan dana kampanye” tutur Aisyah.

 

Dalam pelaporan dana kampanye Pemilihan Umum tahun 2019 KPU Republik Indonesia sudah menyiapkan aplikasi yang disebut Sistem Informasi Dana Kampanye (Sidakam) yang digunakan nantinya oleh partai politik dalam melaporkan dana kampanye pada Pemilu 2019.

 

Aisyah juga menambahkan bahwa KPU Kota Pariaman juga memberikan pelayanan maksimal dalam membantu partai politik agar partai politik dapat menyiapkan laporan dana kampanye sesuai aturan.

“sebagaimana yang kita ketahui bahwa laporan awal dana kampanye yang memiliki sanksi cukup berat yakni jika terlambat akan dikenakan sanksi pembatalan sebagai peserta pemilu” jelas Aisyah.

 

KPU Kota Pariaman