Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman serahkan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa 10 Baliho dan 16 Spanduk kepada 16 Partai Politik peserta Pemilu 2019 Kota Pariaman pada senin (26/11) pagi di Aula KPU Kota Pariaman.

 

Doni Kardinal selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa KPU Kota Pariaman memfasilitasi APK Pemilu 2019 sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum sebagaimana diubah dengan PKPU Nomor 28 Tahun 2018.

“selain APK yang kami serahkan hari ini, Partai Politik dapat menambahkan APK masing-masing 5 Baliho per desa/kelurahan, 10 Spanduk per desa/kelurahan dan umbul-umbul ukuran 1 m x 3 m sebanyak 10 buah per desa/lurah” tutur Doni.

Ia juga menyampaikan bahwa KPU Kota Pariaman pada hari ini juga menyerahkan sebanyak 10 Baliho dan 16 Spanduk kepada 2 tim pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

 

Baliho yang difasilitasi KPU Kota Pariaman dengan spesifikasi ukuran 2 m x 3 m, sementara Spanduk dengan ukuran 1 m x 5 m.

 

Aisyah, SE, M.AP selaku Divisi Teknis KPU Kota Pariaman juga menambahkan bahwa untuk penambahan APK yang dilakukan oleh Partai Politik tersebut, boleh melakukan pencetakan dengan desain yang sama dengan desain APK yang difasilitasi KPU.

“jika desain APK tambahan yang dicetak Parpol berbeda dengan desain APK yang difasilitasi KPU, maka Parpol harus melaporkan dan menyerahkan desain tersebut ke KPU Kota Pariaman” jelas Aisyah.

Aisyah juga menambahkan bahwa pada pemasangan APK nantinya, Partai Politik yang melakukan pemasangan APK di lahan tanah milik pribadi harus mendapatkan surat izin tertulis dari pemilik lahan dan harus disampaikan kepada KPU Kota Pariaman.

Selanjutnya KPU Kota Pariaman akan mengundang Kepala Desa se Kota Pariaman dan akan melaksanakan Rapat Koordinasi dalam waktu dekat terkait zonasi dan pemasangan APK pada Pemilu 2019.

 

KPU Kota Pariaman