Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman Mulai Rakit Kotak Suara Pemilu 2019 di Gudang KPU Kota Pariaman (04/02).
Perakitan kotak suara dilakukan di gudang logistik, Desa Air Santok Kecamatan Pariaman Timur mulai hari ini.

Ketua Komisioner KPU Kota Pariaman, Abrar Aziz menyampaikan ada sebanyak 1369 kotak suara yang ada saat ini di gudang logistik KPU Kota Pariaman. “Instruksi perakitan kotak suara berbahan karton duplex itu dilakukan menyusul adanya surat edaran dari KPU pusat. KPU Kota Pariaman menargetkan perakitan kotak suara Pemilu 2019 selesai 3 hari kedepan, dengan melibatkan Staf KPU Kota Pariaman, Mahasiswa dan Siswa yang magang di KPU Kota Pariaman”. Ujar Abrar.
Selama proses perakitan, pihaknya menemukan beberapa indikasi kotak suara yang rusak, Ujar Abrar.
Ia menyebutkan apabila seluruh kotak suara sudah selesai dirakit akan tetap disimpan di gudang bersama logistik pemilu lainnya yang sudah didistribusikan sebelumnya kecuali surat suara, dengan penanganan khusus yaitu memasang papan kayu agar kotak suara tidak langsung bersentuhan dengan lantai, serta penyemprotan fumigasi agar tidak ada rayap atau hama lain yang merusak logistik, terakhir ditutup menggunakan terpal.

Untuk pengamanan logistik sendiri khususnya di gudang penyimpanan KPU, pihaknya bekerja sama dengan pihak kepolisian, selain menyiagakan petugas keamanan sendiri.
Satu diantara staf KPU menyampaikan perakitan Kotak suara Karton lebih praktis dan mudah, berbeda dengan kotak suara lama yang terbuat dari aluminium.

Perakitan Kotak Suara ini juga dihadiri oleh Polres Kota Pariaman dan Bawaslu Kota Pariaman.