Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman selenggarakan rapat koordinasi dengan PPK se-Kota Pariaman terkait penyusunan DPK dan DPTb pemilu 2019 (06/02) di Aula Hotel Nan Tongga.

Dicky Fernando selaku Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Pariaman menyampaikan bahwa, hari ini telah dilakukan Rakoor bersama PPK terkait Penyusunan DPK dan DPTB Pemilu 2019.

Ia juga menjelaskan dalam rakoor kali ini bersama PPK untuk mendudukan konsep siapa saja yang yang belum masuk pemilih DPK dan DPTb, karena pemilih dalam DPK lumayan banyak dan tidak memungkinkan difasilitasi hak pilihnya menggunakan suarat suara cadangan sebesar 2 % dari jumlah DPT.

DPTb adalah Pemilih yang terdaftar dalam DPT disuatu TPS, karena keadaan tertentu tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TS tersebut dan memberikan hak pilihnya di TPS lain, sedangkan DPK adalah Warga negara yang memenuhi sebagai syarat sebagai pemilih tetapi belum terdaftar di DPT dan DPTb.

Dicky juga menambahkan bahwa PPK selaku penyelenggara di tingkat Kecamatan harus lebih meningkatkan pengawasan terhadap PPS.
Tahapan penyusunan DPTb dan DPK paling lambat pada tanggal 12 Maret 2019.